Berlangganan

About Me


BAHASA PEMROGRAMAN C

BAHASA

PEMROGRAMAN C

-----------------------------------------------------Page 1-----------------------------------------------------



Nov.   2  

A. Pengenalan

Bahasa C diciptakan oleh Dennis Ritchie tahun 1972 di Bell Laboratories.

Kelebihan Bahasa C:

- Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer.

- Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksibel untuk semua jenis computer. - Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci. hanya terdapat 32 kata kunci. - Proses executable program bahasa C lebih cepat - Dukungan pustaka yang banyak. - C adalah bahasa yang terstruktur

- Bahasa C termasuk bahasa tingkat menengah

penempatan ini hanya menegaskan bahwa c bukan bahasa pemrograman yang berorientasi pada mesin. yang merupakan ciri bahasa tingkat rendah. melainkan berorientasi pada obyek tetapi dapat dinterprestasikan oleh mesin dengan cepat. secepat bahasa mesin. inilah salah satu kelebihan c yaitu memiliki kemudahan dalam menyusun programnya semudah bahasa tingkat tinggi namun dalam mengesekusi program secepat bahasa tingkat rendah.

Kekurangan Bahasa C:

- Banyaknya
 operator
 serta
 fleksibilitas
 penulisan
 program
 kadang-kadang

membingungkan pemakai.

- Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.

B. MENGKOMPILASI PROGRAM

Suatu source program C baru dapat dijalankan setelah melalui tahap kompilasi dan penggabungan. Tahap kompilasi dimaksudkan untuk memeriksa source-program sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku di dalam bahasa pemrograman C. Tahap kompilasi akan menghasilkan relocatable object file . File-file objek tersebut kemudian digabung dengan perpustakaan-fungsi yang sesuai. untuk menghasilkan suatu executable-program . Shortcut yang digunakan untuk mengkompile:



2

-----------------------------------------------------Page 2-----------------------------------------------------



Nov.   2  

• ALT + F9

dipakai untuk melakukan pengecekan jika ada error pada program yang

telah kita buat.

• CTRL + F9

dipakai untuk menjalankan program yang telah kita buat atau bisa juga

dengan mengklik tombol debug pada tool bar.

C. Struktur Bahasa Pemrograman C

<preprosesor directive> {

<statement>; <statement>;

}

Ketikkanlah program sederhana berikut ini:

Kemudian kompile. Apa hasilnya? Penjelasan:

1. Header File

adalah berkas yang berisi prototype fungsi. definisi konstanta. dan definisi variable. Fungsi adalah kumpulan code C yang diberi nama dan ketika nama tersebut dipanggil maka kumpulan kode tersebut dijalankan. Contoh : stdio.h



3

-----------------------------------------------------Page 3-----------------------------------------------------



Nov.   2  

math.h conio.h

2. Preprosesor Directive (#include)

Preprosesor directive adalah bagian yang berisi pengikutsertaan file atau berkas- berkas fungsi maupun pendefinisian konstanta. Contoh:

#include <stdio.h> #include phi 3.14

3. Void

artinya fungsi yang mengikutinya tidak memiliki nilai kembalian (return).

4. Main ( )

Fungsi main ( ) adalah fungsi yang pertama kali dijalankan ketika program dieksekusi. tanpa fungsi main suatu program tidak dapat dieksekusi namun dapat dikompilasi.

5. Statement

Statement adalah instruksi atau perintah kepada suatu program ketika program itu dieksekusi untuk menjalankan suatu aksi. Setiap statement diakhiri dengan titik-koma (;).

D. Kata Kunci (Keyword)

Kata kunci-kata kunci yang terdapat di C, sebagai berikut:



auto

const

double float int

short struct

unsigned

break

continue else for

long

signed switch void

case

default enum goto

register sizeof

typedef volatile

char do

extern if

return static union while

4

-----------------------------------------------------Page 4-----------------------------------------------------



Nov.   2  

E. IDENTIFIER

Identifier atau nama pengenal adalah nama yang ditentukan sendiri oleh pemrogram yang digunakan untuk menyimpan nilai, misalnya nama variable, nama konstanta, nama suatu elemen (misalnya: nama fungsi, nama tipe data, dll). Identifier punya ketentuan sebagai berikut :

1. Maksimum 32 karakter (bila lebih dari 32 karakter maka yang diperhatikan hanya

32 karakter pertama saja).

2. Case sensitive: membedakan huruf besar dan huruf kecilnya.

3. Karakter pertama harus karakter atau underscore ( _ ) . selebihnya boleh angka. 4. Tidak boleh mengandung spasi atau blank.

5. Tidak boleh menggunakan kata yang sama dengan kata kunci dan fungsi.

VARIABEL

Variabel adalah identifier yang nilainya dapat berubah atau diubah selama program berjalan (dieksekusi). Pengubahnya adalah user atau proses. - Deklarasi variabel (tipe_data nama_variabel;)

Variabel yang akan digunakan dalam program haruslah dideklarasikan terlebih dahulu. Pengertian deklarasi di sini berarti memesan memori dan menentukan jenis data yang bisa disimpan di dalamnya. Contoh :

- Inisialisasi variabel (tipe_data nama_variabel = nilai;)

KONSTANTA

Konstanta adalah identifier yang nilainya tetap selama program berjalan/ dieksekusi. Cara untuk mengubahnya hanya melalui source codenya saja seperti halnya variabel, konstanta juga memiliki tipe. Penulisan konstanta mempunyai aturan tersendiri, sesuai dengan tipe masing-masing.



5

-----------------------------------------------------Page 5-----------------------------------------------------



Nov.   2  

1.

2.

3.

4.

Konstanta karakter misalnya ditulis dengan diawali dan diakhiri dengan tanda petik tunggal, contohnya : ‘A’ dan ‘@’.

Konstanta integer ditulis dengan tanda mengandung pemisah ribuan dan tidak mengandung bagian pecahan, contohnya : –1 dan 32767.

Konstanta real ( float dan double ) bisa mengandung pecahan (dengan tanda berupa titik) dan nilainya bisa ditulis dalam bentuk eksponensial (menggunakan tanda e), contohnya : 27.5f (untuk tipe float ) atau 27.5 (untuk tipe double ) dan 2.1e+5 (maksudnya 2,1 x 105 ).

Konstanta string merupakan deretan karakter yang diawali dan diakhiri dengan

tanda petik-ganda (“), contohnya :“Pemrograman Dasar C”.

Contoh :

F. Tipe Data Dasar

Data merupakan suatu nilai yang bisa dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel. Konstanta menyatakan nilai yang tetap, sedangkan variabel menyatakan nilai yang dapat diubah-ubah selama eksekusi berlangsung. Ukuran Memori untuk Tipe Data

Tipe Data
 Ukuran Memori Kawasan

unsigned char 8 bits
 0 s/d 255

char

short int

unsigned int int

8 bits

16 bits 32 bits 32 bits

-128 s/d 127

-32.768 s/d 32.767 0 s/d 4.294.967.295

-2.147.483.648 s/d 2.147.483.647

unsigned long 32 bits
 0 s/d 4.294.967.295



enum long float

double

long double

near (pointer) far (pointer)

16 bits 32 bits 32 bits 64 bits 80 bits 32 bits 32 bits
 -2147483.648 to 2.147.483.648 -2.147.483.648 s/d 2.147.483.647 3,4 x 10-38 s/d 3,4 x 10+38 1.7 x 10-308 to 1.7 x 10+308 3.4 x 10-4932 to 3.4 x 10+4932 not applicable not applicable

6

-----------------------------------------------------Page 6-----------------------------------------------------



Nov.   2  

Untuk mengetahui ukuran memory bisa dipakai fungsi sizeof (<tipe_data>). Catatan:

Ukuran dan kawasan dari masing-masing tipe data adalah bergantung pada jenis mesin yang digunakan (misalnya mesin 16 bit bisa jadi memberikan hasil berbeda dengan mesin 32 bit).

Untuk menampilkan hasil output dibutuhkan kode format, berikut adalah daftar kode format:



Kode format %c %s %d %i

%u

%ld %lu %li

%hu %hi %x %o %f %e %g %lf %le %lg %p

Kegunaan

Menampilkan sebuah karakter Menampilkan nilai string

Menampilkan nilai decimal integer Menampilkan nilai decimal integer

Menampilkan nilai decimal integer tidak bertanda (unsigned integer)

Menampilkan nilai decimal long integer

Menampilkan nilai decimal long integer tak bertanda Menampilkan nilai decimal long integer

Menampilkan nilai decimal short integer tak bertanda Menampilkan nilai decimal short integer Menampilkan nilai heksa decimal integer Menampilkan nilai okta integer Menampilkan nilai pecahan / float Menampilkan nilai float scientific

Sebagai pengganti %f atau %e tergantung yang terpendek Menampilkan nilai pecahan double Menampilkan nilai pecahan double Menampilkan nilai pecahan double

Menampilkan suatu alamat memory untuk pointer

7

-----------------------------------------------------Page 7-----------------------------------------------------



Nov.   2  

Contoh:

1. Coba hilangkan %i nya, apa hasilnya?

2. Coba ganti a menjadi ukutan tipe data yang lain, misalnya float dan char!

G. Karakter Escape

Karakter escape adalah karakter yang diawali dengan tanda backslash (/), yang masing- masing memiliki makna tertentu. Berikut adalah daftar karakter:

KARAKTER ESCAPE \a \b \f

\n \r \t

\v \0 \’

\” \\

\?

\DDD

\xHH

ARTI

Bunyi bel (speaker komputer) Mundur satu spasi (backspace) Ganti halaman (form feed) Ganti baris baru (new line)

Ke kolom pertama baris yang sama (carriage return) Tab horizontal Tab vertical

Nilai kosong (NULL) Karakter petik tunggal Karakter petik ganda

Garis miring terbalik (backslash) Karakter tanda tanya

Menyatakan sebuah karakter yang nilai ASCII nya sama dengan nilai octal DDD

Menyatakan sebuah karakter yang nilai ASCII nya sama

dengan nilai heksadesimal HH

   



8

-----------------------------------------------------Page 8-----------------------------------------------------



No ov.   2  



H. STA ATEMENT

Apa itu statemen nt?

Mac am-macam statement:

1.

2.

3.

4.

Satement Kosong/ Em pty Stateme ent/ Null Sta atement

Statement kosong adala ah statement yang hany a terdiri dar pengakhir an titik kom (;) saja, se ehingga tida ak ada tind akan yang akan dilaku ukan. State ment koson ng digunakan u untuk membe erikan jarak waktu atau delay. Contoh :

Statement Ungkapan/ Expression Statement

Statement Ungkapan adalah statem ment yang dibentuk da ari suatu ngkapan yan ng diakhiri den ngan titik kom (;). Contoh :

Statement Kendali/ Co ontrol State ment

Statement kendali adala ah statement yang dipak kai untuk mengendalika an proses da ari program, ya aitu penyele eksian kondi isi/ percaban ngan (if, cas se, switch) d dan lompata an /perulangan (for, while, do-while, br reak, continu ue). Contoh :

Statement Jamak/ Com mpound Sta atement/ Blo ock Stateme ent

Statement ja amak adalah h statement yang terdir ri dari gabu ngan bebera apa statemen nt tunggal yang ditulis dian ntara tanda kurung kuraw (“{“ dan “}”). Contoh :

-----------------------------------------------------Page 9-----------------------------------------------------



Nov.   2  

LATIHAN 1:

1. Coba ganti \t dengan \n atau \b!

2. Tambahankan //printf (“memberikan comment”); di bawah print (“1.karakter

escape\t2.karakter escape");

LATIHAN 2:

1. Jika program di atas di jalankan, bagaimanakah tampilannya? Mengapa demikian? 2. Coba ganti int menjadi long int dan %i menjadi %li . Bagaimana tampilannya?

LATIHAN 3:



10

-----------------------------------------------------Page 10-----------------------------------------------------



Nov.   2  

Perhatikan setiap perbedaan yang dihasilkan! LATIHAN 4:

Adakah perbedaan hasil format yang dihasilkan???

LATIHAN 5:

Perhatikan setiap perbedaan yang dihasilkan! Coba bandingkan dengan latihan 3!

I.
 FLOWCHART

1.
 Dipakai
 untuk
 menunjukkan
 awal

dimulai/diakhirinya suatu proses



2.

3.

4.

Dipakai untuk memberikan inputan/ output

Dipakai untuk menuliskan proses dalam suatu program

Dipakai untuk menuliskan jika adanya percabangan, seperti if, case

11

-----------------------------------------------------Page 11-----------------------------------------------------



Nov.   2  

5.
 Dipakai untuk menuliskan jika adanya perulangan

atau
 lompatan
 (for,
 while,
 do-while,
 break,

continue)



6.
 Dipakai untuk menunjukkan alur jalannya program

12

-----------------------------------------------------Page 12-----------------------------------------------------



Nov.   2  

DAFTAR PUSTAKA

http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?id=4088 http://buletin.melsa.net.id/okt/1020/bahasa-c.html http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/algoTI2.pdf modul-praktikum-pki-ukdw(2008)



13

-----------------------------------------------------Page 13-----------------------------------------------------

0 Response to "BAHASA PEMROGRAMAN C"

Post a Comment