BAHASA
PEMROGRAMAN C
-----------------------------------------------------Page 1-----------------------------------------------------
Nov. 2
A. Pengenalan
Bahasa C diciptakan oleh Dennis Ritchie tahun 1972 di Bell Laboratories.
Kelebihan Bahasa C:
- Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer.
- Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksibel untuk semua jenis computer. - Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci. hanya terdapat 32 kata kunci. - Proses executable program bahasa C lebih cepat - Dukungan pustaka yang banyak. - C adalah bahasa yang terstruktur
- Bahasa C termasuk bahasa tingkat menengah
penempatan ini hanya menegaskan bahwa c bukan bahasa pemrograman yang berorientasi pada mesin. yang merupakan ciri bahasa tingkat rendah. melainkan berorientasi pada obyek tetapi dapat dinterprestasikan oleh mesin dengan cepat. secepat bahasa mesin. inilah salah satu kelebihan c yaitu memiliki kemudahan dalam menyusun programnya semudah bahasa tingkat tinggi namun dalam mengesekusi program secepat bahasa tingkat rendah.
Kekurangan Bahasa C:
- Banyaknya
operator
serta
fleksibilitas
penulisan
program
kadang-kadang
membingungkan pemakai.
- Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.
B. MENGKOMPILASI PROGRAM
Suatu source program C baru dapat dijalankan setelah melalui tahap kompilasi dan penggabungan. Tahap kompilasi dimaksudkan untuk memeriksa source-program sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku di dalam bahasa pemrograman C. Tahap kompilasi akan menghasilkan relocatable object file . File-file objek tersebut kemudian digabung dengan perpustakaan-fungsi yang sesuai. untuk menghasilkan suatu executable-program . Shortcut yang digunakan untuk mengkompile:
2
-----------------------------------------------------Page 2-----------------------------------------------------
Nov. 2
• ALT + F9
dipakai untuk melakukan pengecekan jika ada error pada program yang
telah kita buat.
• CTRL + F9
dipakai untuk menjalankan program yang telah kita buat atau bisa juga
dengan mengklik tombol debug pada tool bar.
C. Struktur Bahasa Pemrograman C
<preprosesor directive> {
<statement>; <statement>;
}
Ketikkanlah program sederhana berikut ini:
Kemudian kompile. Apa hasilnya? Penjelasan:
1. Header File
adalah berkas yang berisi prototype fungsi. definisi konstanta. dan definisi variable. Fungsi adalah kumpulan code C yang diberi nama dan ketika nama tersebut dipanggil maka kumpulan kode tersebut dijalankan. Contoh : stdio.h
3
-----------------------------------------------------Page 3-----------------------------------------------------
Nov. 2
math.h conio.h
2. Preprosesor Directive (#include)
Preprosesor directive adalah bagian yang berisi pengikutsertaan file atau berkas- berkas fungsi maupun pendefinisian konstanta. Contoh:
#include <stdio.h> #include phi 3.14
3. Void
artinya fungsi yang mengikutinya tidak memiliki nilai kembalian (return).
4. Main ( )
Fungsi main ( ) adalah fungsi yang pertama kali dijalankan ketika program dieksekusi. tanpa fungsi main suatu program tidak dapat dieksekusi namun dapat dikompilasi.
5. Statement
Statement adalah instruksi atau perintah kepada suatu program ketika program itu dieksekusi untuk menjalankan suatu aksi. Setiap statement diakhiri dengan titik-koma (;).
D. Kata Kunci (Keyword)
Kata kunci-kata kunci yang terdapat di C, sebagai berikut:
auto
const
double float int
short struct
unsigned
break
continue else for
long
signed switch void
case
default enum goto
register sizeof
typedef volatile
char do
extern if
return static union while
4
-----------------------------------------------------Page 4-----------------------------------------------------
Nov. 2
E. IDENTIFIER
Identifier atau nama pengenal adalah nama yang ditentukan sendiri oleh pemrogram yang digunakan untuk menyimpan nilai, misalnya nama variable, nama konstanta, nama suatu elemen (misalnya: nama fungsi, nama tipe data, dll). Identifier punya ketentuan sebagai berikut :
1. Maksimum 32 karakter (bila lebih dari 32 karakter maka yang diperhatikan hanya
32 karakter pertama saja).
2. Case sensitive: membedakan huruf besar dan huruf kecilnya.
3. Karakter pertama harus karakter atau underscore ( _ ) . selebihnya boleh angka. 4. Tidak boleh mengandung spasi atau blank.
5. Tidak boleh menggunakan kata yang sama dengan kata kunci dan fungsi.
VARIABEL
Variabel adalah identifier yang nilainya dapat berubah atau diubah selama program berjalan (dieksekusi). Pengubahnya adalah user atau proses. - Deklarasi variabel (tipe_data nama_variabel;)
Variabel yang akan digunakan dalam program haruslah dideklarasikan terlebih dahulu. Pengertian deklarasi di sini berarti memesan memori dan menentukan jenis data yang bisa disimpan di dalamnya. Contoh :
- Inisialisasi variabel (tipe_data nama_variabel = nilai;)
KONSTANTA
Konstanta adalah identifier yang nilainya tetap selama program berjalan/ dieksekusi. Cara untuk mengubahnya hanya melalui source codenya saja seperti halnya variabel, konstanta juga memiliki tipe. Penulisan konstanta mempunyai aturan tersendiri, sesuai dengan tipe masing-masing.
5
-----------------------------------------------------Page 5-----------------------------------------------------
Nov. 2
1.
2.
3.
4.
Konstanta karakter misalnya ditulis dengan diawali dan diakhiri dengan tanda petik tunggal, contohnya : ‘A’ dan ‘@’.
Konstanta integer ditulis dengan tanda mengandung pemisah ribuan dan tidak mengandung bagian pecahan, contohnya : –1 dan 32767.
Konstanta real ( float dan double ) bisa mengandung pecahan (dengan tanda berupa titik) dan nilainya bisa ditulis dalam bentuk eksponensial (menggunakan tanda e), contohnya : 27.5f (untuk tipe float ) atau 27.5 (untuk tipe double ) dan 2.1e+5 (maksudnya 2,1 x 105 ).
Konstanta string merupakan deretan karakter yang diawali dan diakhiri dengan
tanda petik-ganda (“), contohnya :“Pemrograman Dasar C”.
Contoh :
F. Tipe Data Dasar
Data merupakan suatu nilai yang bisa dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel. Konstanta menyatakan nilai yang tetap, sedangkan variabel menyatakan nilai yang dapat diubah-ubah selama eksekusi berlangsung. Ukuran Memori untuk Tipe Data
Tipe Data
Ukuran Memori Kawasan
unsigned char 8 bits
0 s/d 255
char
short int
unsigned int int
8 bits
16 bits 32 bits 32 bits
-128 s/d 127
-32.768 s/d 32.767 0 s/d 4.294.967.295
-2.147.483.648 s/d 2.147.483.647
unsigned long 32 bits
0 s/d 4.294.967.295
enum long float
double
long double
near (pointer) far (pointer)
16 bits 32 bits 32 bits 64 bits 80 bits 32 bits 32 bits
-2147483.648 to 2.147.483.648 -2.147.483.648 s/d 2.147.483.647 3,4 x 10-38 s/d 3,4 x 10+38 1.7 x 10-308 to 1.7 x 10+308 3.4 x 10-4932 to 3.4 x 10+4932 not applicable not applicable
6
-----------------------------------------------------Page 6-----------------------------------------------------
Nov. 2
Untuk mengetahui ukuran memory bisa dipakai fungsi sizeof (<tipe_data>). Catatan:
Ukuran dan kawasan dari masing-masing tipe data adalah bergantung pada jenis mesin yang digunakan (misalnya mesin 16 bit bisa jadi memberikan hasil berbeda dengan mesin 32 bit).
Untuk menampilkan hasil output dibutuhkan kode format, berikut adalah daftar kode format:
Kode format %c %s %d %i
%u
%ld %lu %li
%hu %hi %x %o %f %e %g %lf %le %lg %p
Kegunaan
Menampilkan sebuah karakter Menampilkan nilai string
Menampilkan nilai decimal integer Menampilkan nilai decimal integer
Menampilkan nilai decimal integer tidak bertanda (unsigned integer)
Menampilkan nilai decimal long integer
Menampilkan nilai decimal long integer tak bertanda Menampilkan nilai decimal long integer
Menampilkan nilai decimal short integer tak bertanda Menampilkan nilai decimal short integer Menampilkan nilai heksa decimal integer Menampilkan nilai okta integer Menampilkan nilai pecahan / float Menampilkan nilai float scientific
Sebagai pengganti %f atau %e tergantung yang terpendek Menampilkan nilai pecahan double Menampilkan nilai pecahan double Menampilkan nilai pecahan double
Menampilkan suatu alamat memory untuk pointer
7
-----------------------------------------------------Page 7-----------------------------------------------------
Nov. 2
Contoh:
1. Coba hilangkan %i nya, apa hasilnya?
2. Coba ganti a menjadi ukutan tipe data yang lain, misalnya float dan char!
G. Karakter Escape
Karakter escape adalah karakter yang diawali dengan tanda backslash (/), yang masing- masing memiliki makna tertentu. Berikut adalah daftar karakter:
KARAKTER ESCAPE \a \b \f
\n \r \t
\v \0 \’
\” \\
\?
\DDD
\xHH
ARTI
Bunyi bel (speaker komputer) Mundur satu spasi (backspace) Ganti halaman (form feed) Ganti baris baru (new line)
Ke kolom pertama baris yang sama (carriage return) Tab horizontal Tab vertical
Nilai kosong (NULL) Karakter petik tunggal Karakter petik ganda
Garis miring terbalik (backslash) Karakter tanda tanya
Menyatakan sebuah karakter yang nilai ASCII nya sama dengan nilai octal DDD
Menyatakan sebuah karakter yang nilai ASCII nya sama
dengan nilai heksadesimal HH
8
-----------------------------------------------------Page 8-----------------------------------------------------
No ov. 2
H. STA ATEMENT
Apa itu statemen nt?
Mac am-macam statement:
1.
2.
3.
4.
Satement Kosong/ Em pty Stateme ent/ Null Sta atement
Statement kosong adala ah statement yang hany a terdiri dar pengakhir an titik kom (;) saja, se ehingga tida ak ada tind akan yang akan dilaku ukan. State ment koson ng digunakan u untuk membe erikan jarak waktu atau delay. Contoh :
Statement Ungkapan/ Expression Statement
Statement Ungkapan adalah statem ment yang dibentuk da ari suatu ngkapan yan ng diakhiri den ngan titik kom (;). Contoh :
Statement Kendali/ Co ontrol State ment
Statement kendali adala ah statement yang dipak kai untuk mengendalika an proses da ari program, ya aitu penyele eksian kondi isi/ percaban ngan (if, cas se, switch) d dan lompata an /perulangan (for, while, do-while, br reak, continu ue). Contoh :
Statement Jamak/ Com mpound Sta atement/ Blo ock Stateme ent
Statement ja amak adalah h statement yang terdir ri dari gabu ngan bebera apa statemen nt tunggal yang ditulis dian ntara tanda kurung kuraw (“{“ dan “}”). Contoh :
-----------------------------------------------------Page 9-----------------------------------------------------
Nov. 2
LATIHAN 1:
1. Coba ganti \t dengan \n atau \b!
2. Tambahankan //printf (“memberikan comment”); di bawah print (“1.karakter
escape\t2.karakter escape");
LATIHAN 2:
1. Jika program di atas di jalankan, bagaimanakah tampilannya? Mengapa demikian? 2. Coba ganti int menjadi long int dan %i menjadi %li . Bagaimana tampilannya?
LATIHAN 3:
10
-----------------------------------------------------Page 10-----------------------------------------------------
Nov. 2
Perhatikan setiap perbedaan yang dihasilkan! LATIHAN 4:
Adakah perbedaan hasil format yang dihasilkan???
LATIHAN 5:
Perhatikan setiap perbedaan yang dihasilkan! Coba bandingkan dengan latihan 3!
I.
FLOWCHART
1.
Dipakai
untuk
menunjukkan
awal
dimulai/diakhirinya suatu proses
2.
3.
4.
Dipakai untuk memberikan inputan/ output
Dipakai untuk menuliskan proses dalam suatu program
Dipakai untuk menuliskan jika adanya percabangan, seperti if, case
11
-----------------------------------------------------Page 11-----------------------------------------------------
Nov. 2
5.
Dipakai untuk menuliskan jika adanya perulangan
atau
lompatan
(for,
while,
do-while,
break,
continue)
6.
Dipakai untuk menunjukkan alur jalannya program
12
-----------------------------------------------------Page 12-----------------------------------------------------
Nov. 2
DAFTAR PUSTAKA
http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?id=4088 http://buletin.melsa.net.id/okt/1020/bahasa-c.html http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/algoTI2.pdf modul-praktikum-pki-ukdw(2008)
13
-----------------------------------------------------Page 13-----------------------------------------------------
PEMROGRAMAN C
-----------------------------------------------------Page 1-----------------------------------------------------
Nov. 2
A. Pengenalan
Bahasa C diciptakan oleh Dennis Ritchie tahun 1972 di Bell Laboratories.
Kelebihan Bahasa C:
- Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer.
- Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksibel untuk semua jenis computer. - Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci. hanya terdapat 32 kata kunci. - Proses executable program bahasa C lebih cepat - Dukungan pustaka yang banyak. - C adalah bahasa yang terstruktur
- Bahasa C termasuk bahasa tingkat menengah
penempatan ini hanya menegaskan bahwa c bukan bahasa pemrograman yang berorientasi pada mesin. yang merupakan ciri bahasa tingkat rendah. melainkan berorientasi pada obyek tetapi dapat dinterprestasikan oleh mesin dengan cepat. secepat bahasa mesin. inilah salah satu kelebihan c yaitu memiliki kemudahan dalam menyusun programnya semudah bahasa tingkat tinggi namun dalam mengesekusi program secepat bahasa tingkat rendah.
Kekurangan Bahasa C:
- Banyaknya
operator
serta
fleksibilitas
penulisan
program
kadang-kadang
membingungkan pemakai.
- Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.
B. MENGKOMPILASI PROGRAM
Suatu source program C baru dapat dijalankan setelah melalui tahap kompilasi dan penggabungan. Tahap kompilasi dimaksudkan untuk memeriksa source-program sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku di dalam bahasa pemrograman C. Tahap kompilasi akan menghasilkan relocatable object file . File-file objek tersebut kemudian digabung dengan perpustakaan-fungsi yang sesuai. untuk menghasilkan suatu executable-program . Shortcut yang digunakan untuk mengkompile:
2
-----------------------------------------------------Page 2-----------------------------------------------------
Nov. 2
• ALT + F9
dipakai untuk melakukan pengecekan jika ada error pada program yang
telah kita buat.
• CTRL + F9
dipakai untuk menjalankan program yang telah kita buat atau bisa juga
dengan mengklik tombol debug pada tool bar.
C. Struktur Bahasa Pemrograman C
<preprosesor directive> {
<statement>; <statement>;
}
Ketikkanlah program sederhana berikut ini:
Kemudian kompile. Apa hasilnya? Penjelasan:
1. Header File
adalah berkas yang berisi prototype fungsi. definisi konstanta. dan definisi variable. Fungsi adalah kumpulan code C yang diberi nama dan ketika nama tersebut dipanggil maka kumpulan kode tersebut dijalankan. Contoh : stdio.h
3
-----------------------------------------------------Page 3-----------------------------------------------------
Nov. 2
math.h conio.h
2. Preprosesor Directive (#include)
Preprosesor directive adalah bagian yang berisi pengikutsertaan file atau berkas- berkas fungsi maupun pendefinisian konstanta. Contoh:
#include <stdio.h> #include phi 3.14
3. Void
artinya fungsi yang mengikutinya tidak memiliki nilai kembalian (return).
4. Main ( )
Fungsi main ( ) adalah fungsi yang pertama kali dijalankan ketika program dieksekusi. tanpa fungsi main suatu program tidak dapat dieksekusi namun dapat dikompilasi.
5. Statement
Statement adalah instruksi atau perintah kepada suatu program ketika program itu dieksekusi untuk menjalankan suatu aksi. Setiap statement diakhiri dengan titik-koma (;).
D. Kata Kunci (Keyword)
Kata kunci-kata kunci yang terdapat di C, sebagai berikut:
auto
const
double float int
short struct
unsigned
break
continue else for
long
signed switch void
case
default enum goto
register sizeof
typedef volatile
char do
extern if
return static union while
4
-----------------------------------------------------Page 4-----------------------------------------------------
Nov. 2
E. IDENTIFIER
Identifier atau nama pengenal adalah nama yang ditentukan sendiri oleh pemrogram yang digunakan untuk menyimpan nilai, misalnya nama variable, nama konstanta, nama suatu elemen (misalnya: nama fungsi, nama tipe data, dll). Identifier punya ketentuan sebagai berikut :
1. Maksimum 32 karakter (bila lebih dari 32 karakter maka yang diperhatikan hanya
32 karakter pertama saja).
2. Case sensitive: membedakan huruf besar dan huruf kecilnya.
3. Karakter pertama harus karakter atau underscore ( _ ) . selebihnya boleh angka. 4. Tidak boleh mengandung spasi atau blank.
5. Tidak boleh menggunakan kata yang sama dengan kata kunci dan fungsi.
VARIABEL
Variabel adalah identifier yang nilainya dapat berubah atau diubah selama program berjalan (dieksekusi). Pengubahnya adalah user atau proses. - Deklarasi variabel (tipe_data nama_variabel;)
Variabel yang akan digunakan dalam program haruslah dideklarasikan terlebih dahulu. Pengertian deklarasi di sini berarti memesan memori dan menentukan jenis data yang bisa disimpan di dalamnya. Contoh :
- Inisialisasi variabel (tipe_data nama_variabel = nilai;)
KONSTANTA
Konstanta adalah identifier yang nilainya tetap selama program berjalan/ dieksekusi. Cara untuk mengubahnya hanya melalui source codenya saja seperti halnya variabel, konstanta juga memiliki tipe. Penulisan konstanta mempunyai aturan tersendiri, sesuai dengan tipe masing-masing.
5
-----------------------------------------------------Page 5-----------------------------------------------------
Nov. 2
1.
2.
3.
4.
Konstanta karakter misalnya ditulis dengan diawali dan diakhiri dengan tanda petik tunggal, contohnya : ‘A’ dan ‘@’.
Konstanta integer ditulis dengan tanda mengandung pemisah ribuan dan tidak mengandung bagian pecahan, contohnya : –1 dan 32767.
Konstanta real ( float dan double ) bisa mengandung pecahan (dengan tanda berupa titik) dan nilainya bisa ditulis dalam bentuk eksponensial (menggunakan tanda e), contohnya : 27.5f (untuk tipe float ) atau 27.5 (untuk tipe double ) dan 2.1e+5 (maksudnya 2,1 x 105 ).
Konstanta string merupakan deretan karakter yang diawali dan diakhiri dengan
tanda petik-ganda (“), contohnya :“Pemrograman Dasar C”.
Contoh :
F. Tipe Data Dasar
Data merupakan suatu nilai yang bisa dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel. Konstanta menyatakan nilai yang tetap, sedangkan variabel menyatakan nilai yang dapat diubah-ubah selama eksekusi berlangsung. Ukuran Memori untuk Tipe Data
Tipe Data
Ukuran Memori Kawasan
unsigned char 8 bits
0 s/d 255
char
short int
unsigned int int
8 bits
16 bits 32 bits 32 bits
-128 s/d 127
-32.768 s/d 32.767 0 s/d 4.294.967.295
-2.147.483.648 s/d 2.147.483.647
unsigned long 32 bits
0 s/d 4.294.967.295
enum long float
double
long double
near (pointer) far (pointer)
16 bits 32 bits 32 bits 64 bits 80 bits 32 bits 32 bits
-2147483.648 to 2.147.483.648 -2.147.483.648 s/d 2.147.483.647 3,4 x 10-38 s/d 3,4 x 10+38 1.7 x 10-308 to 1.7 x 10+308 3.4 x 10-4932 to 3.4 x 10+4932 not applicable not applicable
6
-----------------------------------------------------Page 6-----------------------------------------------------
Nov. 2
Untuk mengetahui ukuran memory bisa dipakai fungsi sizeof (<tipe_data>). Catatan:
Ukuran dan kawasan dari masing-masing tipe data adalah bergantung pada jenis mesin yang digunakan (misalnya mesin 16 bit bisa jadi memberikan hasil berbeda dengan mesin 32 bit).
Untuk menampilkan hasil output dibutuhkan kode format, berikut adalah daftar kode format:
Kode format %c %s %d %i
%u
%ld %lu %li
%hu %hi %x %o %f %e %g %lf %le %lg %p
Kegunaan
Menampilkan sebuah karakter Menampilkan nilai string
Menampilkan nilai decimal integer Menampilkan nilai decimal integer
Menampilkan nilai decimal integer tidak bertanda (unsigned integer)
Menampilkan nilai decimal long integer
Menampilkan nilai decimal long integer tak bertanda Menampilkan nilai decimal long integer
Menampilkan nilai decimal short integer tak bertanda Menampilkan nilai decimal short integer Menampilkan nilai heksa decimal integer Menampilkan nilai okta integer Menampilkan nilai pecahan / float Menampilkan nilai float scientific
Sebagai pengganti %f atau %e tergantung yang terpendek Menampilkan nilai pecahan double Menampilkan nilai pecahan double Menampilkan nilai pecahan double
Menampilkan suatu alamat memory untuk pointer
7
-----------------------------------------------------Page 7-----------------------------------------------------
Nov. 2
Contoh:
1. Coba hilangkan %i nya, apa hasilnya?
2. Coba ganti a menjadi ukutan tipe data yang lain, misalnya float dan char!
G. Karakter Escape
Karakter escape adalah karakter yang diawali dengan tanda backslash (/), yang masing- masing memiliki makna tertentu. Berikut adalah daftar karakter:
KARAKTER ESCAPE \a \b \f
\n \r \t
\v \0 \’
\” \\
\?
\DDD
\xHH
ARTI
Bunyi bel (speaker komputer) Mundur satu spasi (backspace) Ganti halaman (form feed) Ganti baris baru (new line)
Ke kolom pertama baris yang sama (carriage return) Tab horizontal Tab vertical
Nilai kosong (NULL) Karakter petik tunggal Karakter petik ganda
Garis miring terbalik (backslash) Karakter tanda tanya
Menyatakan sebuah karakter yang nilai ASCII nya sama dengan nilai octal DDD
Menyatakan sebuah karakter yang nilai ASCII nya sama
dengan nilai heksadesimal HH
8
-----------------------------------------------------Page 8-----------------------------------------------------
No ov. 2
H. STA ATEMENT
Apa itu statemen nt?
Mac am-macam statement:
1.
2.
3.
4.
Satement Kosong/ Em pty Stateme ent/ Null Sta atement
Statement kosong adala ah statement yang hany a terdiri dar pengakhir an titik kom (;) saja, se ehingga tida ak ada tind akan yang akan dilaku ukan. State ment koson ng digunakan u untuk membe erikan jarak waktu atau delay. Contoh :
Statement Ungkapan/ Expression Statement
Statement Ungkapan adalah statem ment yang dibentuk da ari suatu ngkapan yan ng diakhiri den ngan titik kom (;). Contoh :
Statement Kendali/ Co ontrol State ment
Statement kendali adala ah statement yang dipak kai untuk mengendalika an proses da ari program, ya aitu penyele eksian kondi isi/ percaban ngan (if, cas se, switch) d dan lompata an /perulangan (for, while, do-while, br reak, continu ue). Contoh :
Statement Jamak/ Com mpound Sta atement/ Blo ock Stateme ent
Statement ja amak adalah h statement yang terdir ri dari gabu ngan bebera apa statemen nt tunggal yang ditulis dian ntara tanda kurung kuraw (“{“ dan “}”). Contoh :
-----------------------------------------------------Page 9-----------------------------------------------------
Nov. 2
LATIHAN 1:
1. Coba ganti \t dengan \n atau \b!
2. Tambahankan //printf (“memberikan comment”); di bawah print (“1.karakter
escape\t2.karakter escape");
LATIHAN 2:
1. Jika program di atas di jalankan, bagaimanakah tampilannya? Mengapa demikian? 2. Coba ganti int menjadi long int dan %i menjadi %li . Bagaimana tampilannya?
LATIHAN 3:
10
-----------------------------------------------------Page 10-----------------------------------------------------
Nov. 2
Perhatikan setiap perbedaan yang dihasilkan! LATIHAN 4:
Adakah perbedaan hasil format yang dihasilkan???
LATIHAN 5:
Perhatikan setiap perbedaan yang dihasilkan! Coba bandingkan dengan latihan 3!
I.
FLOWCHART
1.
Dipakai
untuk
menunjukkan
awal
dimulai/diakhirinya suatu proses
2.
3.
4.
Dipakai untuk memberikan inputan/ output
Dipakai untuk menuliskan proses dalam suatu program
Dipakai untuk menuliskan jika adanya percabangan, seperti if, case
11
-----------------------------------------------------Page 11-----------------------------------------------------
Nov. 2
5.
Dipakai untuk menuliskan jika adanya perulangan
atau
lompatan
(for,
while,
do-while,
break,
continue)
6.
Dipakai untuk menunjukkan alur jalannya program
12
-----------------------------------------------------Page 12-----------------------------------------------------
Nov. 2
DAFTAR PUSTAKA
http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?id=4088 http://buletin.melsa.net.id/okt/1020/bahasa-c.html http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/algoTI2.pdf modul-praktikum-pki-ukdw(2008)
13
-----------------------------------------------------Page 13-----------------------------------------------------
0 Response to "BAHASA PEMROGRAMAN C"
Post a Comment